fbpx
Property Syariah Tanpa Bank, Tanpa Riba

Property Syariah Tanpa Bank, Tanpa Riba

Beberapa waktu ke belakang ini, kehadiran properti syariah di Indonesia makin terdengar gaungnya. Hotel, rumah, atau jenis properti lainnya .Properti syariah menawarkan solusi pembiayaan yang sesuai dengan akidah agama. Meski demikian, calon konsumen tetap harus waspada karena properti syariah tidak pernah berhubungan dengan bank.

Setelah menikah hal yang diimpikan selanjutnya oleh pasangan yang paling awal adalah memiliki rumah.Ini dikarenakan setelah kita dan pasangan memutuskan untuk menikah tentu untuk kehidupan selanjutnya kedua pasangan banyak yang berharap bisa mendirikan keluarganya sendiri tanpa campur tangan orang lain atau orang tua.

Dimana terkadang ketika ada masalah dalam hubungan keduanya, ketika orang tua ikut campur, malah akan membuat permasalahan semakin besar. Dan hal ini tidak bisa dilakukan jika masih satu rumah dengan orang tua.

Rumah adalah salah satu Properti yang merupakan aset yang penting untuk setiap orang di Indonesia. Hal ini dikarenakan nilai jual properti yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Untuk memiliki rumah yang bisa dianggap standar saja, anda harus menyiapkan dana hingga puluhan bahkan ratusan juta. Lalu bagaimana dengan rumah impian yang lebih besar dan lebih terlihat modern?

Tentu bisa kita bayangkan berapa besar budget yang harus kita kumpulkan untuk membeli property besar ini. Jika harus menunggu harga rumah turun, rasanya sangat mustahil. Karena dari yang bisa kita lihat, semakin hari harga property seperti tanah dan rumah dinilai terus mengalami kelonjakan.

Inilah yang membuat orang harus berpikir dua kali sebelum membeli rumah dengan desain dan ukuran standar sekalipun. Namun masalah ini sudah bisa diatasi oleh beberapa orang yang telah mempercayakan urusan mengenai sistem jual beli properti yang dilakukannya dengan bekerja sama dengan KPR syariah.

Apakah ada KPR Syariah tanpa riba? Memiliki rumah bukanlah hal yang sulit lagi, apalagi dengan adanya sistem KPR Syariah langsung dengan developer tanpa bank. Banyaknya penduduk yang beragama Islam menjadikan properti syariah memiliki banyak peminat, karena mereka ingin memiliki perumahan yang halal dan barokah.

Model ini dikenal jauh lebih mudah dan tepat dalam pembelian rumah atau tanah. Sebenarnya seperti apa property syariah tanpa bank dan tanpa riba itu? tentu inilah pertanyaan yang akan muncul ketika anda mendengar mengenai KPR syariah tanpa riba.

Kebanyakan orang menganggap bahwa property syariah merupakan jenis property dalam bentuk perumahan yang hanya dibuat khusus untuk para kalangan orang muslim. Namun perlu diluruskan bahwa ini merupakan kesalahan.

Karena properti syariah ditujukan kepada siapapun yang berniat membeli properti syariah. Baik dari kalangan muslim atau pun non muslim. Bedanya dengan property konvensional, Perumahan syariah merupakan jenis perumahan yang mengusung konsep syariah yang tidak menggunakan sistem riba karena segala bentuk transaksinya dilakukan dengan dasar dan ketentuan berdasarkan pada syariat islam.  Pihak yang bertransaksi adalah 2 pihak yaitu developer dengan konsumen saja tanpa harus melibatkan bank.

Dimana seluruh transaksi yang terjadi menggunakan akad-akad yang sesuai dengan ketentuan syariat islam. Ciri khas yang dimiliki properti syariah ini lebih menekankan pada skema kepemilikan bukan sewa beli. Akad jual beli yang digunakan dalam syariah, yakni nasabah bisa secara langsung membeli rumah pada pihak developer tanpa adanya pihak bank.

Ini dikarenakan konsep yang ada pada property syariah atau biasa dikenal dengan KPR syariah  ini tidak menggunakan bank, hal ini membuktikan bahwa kepemilikan properti syariah merupakan murni trasaksi bisnis jual beli, baik cash atau pun kredit bukan sewa beli.

Berbeda dengan kepemilikan property yang diterapkan pada KPR konvensional. Dimana dalam melakukan transaksi jual beli ada 3 pihak yaiutu antara developer dengan nasabah ada pihak ketiga yakni pihak bank.

Ciri khas lainnya yang dapat kita rasakan pada KPR syariah adalah mengenai instrument yang digunakan oleh developer yang menggunakan skema pesan bangun atau lebih dikenal dengan isthisna.

Jadi sistem ini akan jalan jika ketika anda menginginkan sebuah hunian di KPR syariah maka anda harus memesannya terlebih dahulu pada developer kepercayaan anda, baik itu dilakukan secara tunai atau pun kredit.

Baru setelah itu, kemudian developer akan membangun hunian anda. system ini diterapkan karena KPR syariah tidak ada kerjasama dengan pihak ketiga atau pihak bank. Sehingga bisa dikatakan bahwa pembangunan perumahan syariah ini bersifat indent.

Dimana developer hanya akan membangun rumah jika ada pesan dari nasabah. Tentunya ini akan lebih memudahkan konsumen dalam pembangunan rumah karena konsumen bisa memberikan desain rumah sesuai dengan yang diimpikan. Untuk anda yang ingin ready stock, tenang saja karena tidak semua developer  property syariah menggunakan sistem yang satu ini.

Dalam tranaksi jual beli rumah ini juga tidak ada unsur riba atau menggunakan bunga. Anda bisa membayar cicilan dengan waktu yang disepakati dengan harga flat setiap bulannya. Sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai adanya penambahan atau pengurangan dalam kondisi apapun.

Penentuan harga kredit serta cash pun akan dijelakan pada awal transaksi membeli property syariah. Dan untuk pemilihan harga pun kami berikan sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda. Untuk keuntungan bank sendiri didapat dari margin keuntungan yang telah ditetapkan oleh developer ketika bertransaksi.

Itulah alasan kenapa property syariah tanpa bank, tanpa riba. Selain itu keterangan tambahan untuk anda mengenai KPR syariah ini adalah, KPR yariah ini juga tanpa denda. Sekali lagi, KPR yariah berbeda dengan KPR konvensional yang menggunakan sistem denda. Dengan menggunakan property syariah anda akan terhindar dari yang namanya denda.

Jadi, meskipun anda membayar cicilan melewati waktu yang telah ditentukan anda tidak akan diberikan denda karena keterlambatan waktu membayar. Jika denda di terapkan maka inilah riba. Karena di KPR syariah ketika hal seperti ini terjadi, developer hanya akan memberikan surat peringatan pada anda sebagai pengingat mengenai komitmen untuk membayar hutang sesuai dengan kesepakatan.

Atau untuk anda yang masih belum bisa membayar ditanggal-tanggal tertentu anda juga bisa dibuatkan resechedule pembayaran. Tentunya hal ini akan sangat membantu anda, apalagi jika anda merupakan orang yang pelupa.

Selain itu, property syariah juga tidak menggunakan prinsip sita. Prinsip ini dimaksudkan bahwa developer tidak akan mempermasalahkan mengenai ketidak sanggupan anda dalam melunasi cicilan, apalagi jika anda memang sudah lama menempati tempat tersebut.

Jadi maksud tanpa sita disini, dalam KPR Syariah tidak boleh melakukan sita jika pembeli tidak sanggup mencicil lagi. Karena rumah tersebut sudah sepenuhnya milik pembeli walaupun masih kredit. Solusinya adalah pembeli ditawarkan untuk menjual rumahnya baik lewat pembeli atau dengan bantuan developer.

Jika misal sisa hutang masih 100 juta kemudian rumah terjual 300 juta. Maka pembeli membayar sisa hutang yang 100 juta dan nilai 200 juta adalah hak pembeli.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika bekerjasama dengan developer KPR syariah tentu dalam membaca artikel ini anda bisa paham. Yakni keuntungan yang didapat dari developer tersebut adalah kemudahan dan juga keadilan.

Bahkan ketika anda ingin melunasi pembayaran cicilan lebih cepat dari waktu yang telah di sepakati. Developer akan selalu siap membantu nasabah untuk melunasi cicilan rumah yang harus dibayarkannya. Bahkan anda tidak dibebankan dengan denda atau penalty yang biasanya anda harus bayar ketika menggunakan KPR konvensional.

Itulah kerjasama yang bisa anda lakukan dengan developer untuk bisa menggunakan property syariah tanpa bank, tanpa riba. Untuk anda yang membutuhkan developer terpercaya yang sudah biasa menangani berbagai masalah jual beli property tanpa bank, dan tanpa riba bisa hubungi Khoiru Ummah Agency ( 0812-1205-7302)

Disini kami akan siap membantu anda dalam memiliki rumah impian yang sesuai dengan keinginan anda dan juga keluarga anda serta sesuai aturan islam. Sehingga dengan ini developer bisa dibilang adil dalam membantu siapapun yang siap memiliki rumah dengan cicilan yang juga akan meringankan nasabahnya.

Berikut Beberapa daftar property syariah baik rumah ataupun tanah kavling yang bisa anda kunjungi!

I. Property Syariah Perumahan di wilayah Bekasi

II. Property Syariah Perumahan  di wilayah bogor

III. Property Syariah Perumahan Wilayah Bandung

IV. Property Syariah Tanah Kavling Kebun SHM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *