fbpx
Perpanjang SIM C Di Sat Lantas Dan Pelayanan SIM Polresta Bekasi

Perpanjang SIM C Di Sat Lantas Dan Pelayanan SIM Polresta Bekasi

Pengalaman perpanjang SIM C di sat lantas dan pelayanan SIM Polresta Bekasi

Alamat  di Jalan Kalimalang Wangun Harja Kecamatan Cikarang Utara Bekasi Jawa Barat 17530

Ini adalah pengalaman saya saat perpanjang SIM C pada bulan Juni tanggal 21 Juni 2019. Sebelum menuju ke kantor Satlantas dan pelayanan SIM Polresta Bekasi sebaiknya dipersiapkan beberapa dokumen agar disana tidak bingung yang pertama SIM C lama jangan lupa di bawa, KTP elektrik fotokopi KTP elektrik 4 lembar. Jangan lupa bawa alat tulis biar nggak bingung minjem minjem alat tulis seperti saya. Uang buat biaya perpanjang SIM jangan lupa di bawa juga cukup bawa 125.000 di luar uang bensin sama makan yah…

Sebelum berangkat Jangan lupa sarapan dan pastikan datang kesana itu kalau bisa pagi hari biar nggak terlalu rame usahakan untuk perpanjang SIM gunakan jalur normal yang sesuai sop agar biayanya tidak terlalu banyak karena sebenarnya gak lama kok perpanjang SIM , paling sekitar 1 jam juga selesai. Setelah saya parkirkan motor,  kemudian saya masuk ke kantor pelayanan. Di pintu masuk nanti bertemu sama petugas 2 orang. Kemudian SIM lama saya dicek sama petugas, kemudian tangan juga dikasih stempel sebagai tanda untuk perpanjang SIM.

 

Oh iya untuk yang  membawa saudara atau teman tidak di perkenankan masuk.  Yang boleh masuk hanya yang akan melakukan perpanjang SIM atau pembuatan SIM baru. Pengalaman sih pas setelah petugas stempel tangan saya, kemudian saya masuk di situ ada petugas lagi dan mengarahkan saya untuk masuk. Setelah itu langsung menuju loket kesehatan di situ akan di minta fotokopi KTP dan kita bayar Rp 25.000, kemudian di depannya ada loket asuransi di situ juga kita diminta KTP 2 lembar dan biaya asuransi nya Rp30.000, setelah itu masuk ke Bank BRI untuk membayar biaya administrasi perpanjang SIM sebesar 75.000.

 

Kemudian menuju ke loket 1 untuk mengambil formulir perpanjang SIM C, kemudian isi formulir SIM C  lengkap semua ya, jangan sampai ada yang tertinggal. Setelah selesai masuk ke loket 2, kemudian formulir perpanjang SIM dikasih ke petugas, kemudian kita duduk untuk menunggu panggilan foto ini sekitar 20 sampai 30 menit lah. Setelah ada panggilan  kita masuk ke ruang foto. Di Situ kita akan di foto dan ttd elektrik di SIM. Setelah foto selesai tinggal di tunggu. SIM Jadi kurang lebih 10 menit. Ambil di loket 6. Setelah itu selesai kemudian pulang Alhamdulillah selesai ternyata tidak terlalu ribet perpanjang SIM sendiri.

perpanjang sim

Buat Informasi saja mengenai dasar hukum pembuatan SIM, semoga bermanfaat.
Dasar hukum penerbitan SIM bagi Polri:
a. undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 14 ayat (1) huruf b dan pasal 15 ayat (2) huruf c
b. Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan
c. Peraturan Kapolri Nomor 09/ 2012 tentang surat izin mengemudi

Fungsi dan peranan SIM dalam mendukung operasional Polri adalah sebagai berikut:
a. Sebagai sarana identifikasi atau jati diri seseorang.
Berarti titik tolak dari SIM akan diketahui identitas ciri-ciri fisik seseorang di samping itu juga sebagai tanda bukti bahwa pemegang SIM telah memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan untuk mengemudikan kendaraan bermotor tertentu.

b. sebagai alat bukti
SIM Selain sebagai tanda bukti, sebagaimana diuraikan diatas, juga mempunyai fungsi dan peranan sebagai alat bukti dalam kaitanya dengan pelaksanaan tugas pokok Polri, khususnya yang bersifat Represif yustisil dimana alat bukti tersebut sebagai penunjang Penyelidikan dan pengungkapan pelanggaran maupun kejahatan yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

c. sebagai sarana upaya paksa
Penyitaan SIM dalam kasus pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, lalu kemudian memaksa pelanggar menghadiri sidang merupakan bukti nyata betapa besarnya fungsi dan peranan SIM dalam pelaksanaan tugas Polri karena pada dasarnya tanpa upaya bangsa demikian itu, sukar dipastikan bahwa pelaksanaan penegakan hukum akan berhasil dengan baik.

d. sebagai sarana perlindungan masyarakat.
Pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM sesuai dengan golongannya dengan pengertian bahwa pemegang SIM tersebut telah memiliki kemampuan mengemudikan kendaraan bermotor dengan baik, sehingga bahaya- bahaya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas akan dapat dikurangi.

e. Sebagai sarana pelayanan masyarakat .
Polri sebagai instansi yang berwenang menerbitkan SIM wajib melayani kebutuhan masyarakat tersebut dengan sebaik-baiknya. guna keperluan itulah Polri selalu berusaha meningkatkan (security) sebagai tujuan pokok

Pencarian dari google:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *