fbpx

Bisnis Properti Syariah

Bisnis Properti dari dulu hingga sekarang menjadi salah satu investasi yang selalu menguntungkan. Semakin padatnya manusia di dunia ini membuat semakin banyak juga bangunan yang dibutuhkan.

Sehingga tak henti-hentinya setiap tahun bisnis properti ini selalu mengalami keuntungan yang melonjak. Dengan adanya bisnis yang menguntungkan tentu menjadi semakin banyak juga orang yang mulai tertarik untuk melakukan bisnis properti.

Namun perlu anda ketahui, tidak semua Bisnis Properti itu baik. Apalagi jika anda menerapkan Bisnis Properti konvensional dimana adanya penerapan mengenai riba. Di Indonesia sendiri yang mayoritas beragama islam,

Segala bentuk jual beli, pinjam meminjam yang terdapat unsur ribanya dihukumi haram oleh para ulama MUI. Anda bisa gunakan prinsip Bisnis Properti syariah, dimana didalamnya menggunakan system yang sesuai dengan tuntunan agama islam, sehingga antara penjual dan pembeli akan sama-sama merasakan keuntungannya.

Ditambah lagi bisnis properti dengan akad syariah ini menggunakan syariat Islam yang sudah diperbolehkan oleh para ulama. Umumnya bisnis properti berkaitan dengan cicilan, bunga, denda dan juga keuntungan berkali-kali lipat yang untuk orang muslim sendiri akan lebih merasa rishi jika menggunakannya.

Ini semua dikarenakan adanya unsur riba dalam setiap transaksi yang dilakukan. Dengan ini Bisnis Properti dengan akad syariahpun menjadi salah satu bisnis yang menarik perhatian orang banyak. Namun untuk memulai bisnis properti berbasis syariah ini tidak mudah dilakukan untuk para pengembang bisnis.

Apalagi yang masih awam, karena seluruh perhitungan keuangan harus sesuai dengan nilai syariah islam yang jauh dari unsur riba. Untuk itu, para pengembang bisnis yang lebih memilih untuk menggunakan bisnis properti dengan akad syariah ini sebaiknya tahu terlebih dahulu mengenai cara bisnis properti syariah yang tepat dan benar.

Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara Bisnis Properti syariah yang benar.

  1. Adanya konsultan bisnis yng memegang prinsip syariah

Sebelum memulai bisnis, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dengan memiliki orang-orang yang benar-benar mampu memegang prinsip syariah. Anda juga membutuhkan konsultan syariah yang memiliki dasar mengenai bidang investasi property dengan dasar syariah.

Sehingga ketika bisnis anda berkembang nantinya, anda akan bisa dengan mudah berkonsultasi mengenai program, atau hal apapun yang ingin anda ambil. Anda bisa bertanya mengenai baik buruknya jika menurut syariat islam, sehingga bisnis properti anda bisa benar-benar berjalan sesuai dengan syariat Islam.

Tentunya konsultan akan sangat memiliki peranan yang besar dalam keputusan yang akan kamu ambil. Dan seorang konsultan bisnis syariah sudah lebih memahami mengenai alur bisnis yang harus dijalankan tentunya sesuai dengan syariat. Dengan ini anda bisa sambil belajar mengenai ilmu dasar jual beli secara syariah islam.

  1. Menyediakan modal yang cukup

Sebagai seorang pebisnis syariah anda harus bisa memberikan jaminan kelancaran pembangunan unit property yang diinginkan oleh konsuman anda. selain itu, anda juga harus menjaga fasum fasosnya.

Cash flow dalam dunia property ini harus tetap berjalan dari berbagai arah, untuk itu anda harus memiliki dana yang cukup bahkan lebih supaya tidak kehabisan dana dan membuat nasabah atau konsumen anda kecewa.

Karena Bisnis Properti yang dilakukan berdasarkan pada syariat islam, maka anda harus bisa memberikan persyaratan kredit developer tanpa bunga, tanpa denda. Anda hanya akan mendapatkan keuntungan dari margin yang juga telah disepakati di awal transaksi atau saat melakukan akad.

Contohnya dengan flat 19 bulan dengan maksimal waktu 2 tahun 3 bulan. Maka besar nilai cicilan yang harus dibayarkan oleh pembeli adalah seharga rumah tersebut dibagi dengan lamanya angsuran yang disepakati.

Jadi, keuntungan yang anda dapat dalam bisnis properti syariah ini didapatkan dari nilai jual rumah, bukan dari bunga kredit yang disyaratkan atau lainnya yang mengakibatkan hadirnya unsur riba.

  1. Pemilihan dalam lahan property

Karena Bisnis Properti syariah ini memiliki dasar bisnis secara islam, maka anda juga harus bisa mempertimangkan secara tepat dan juga benar menganai tempat atau lahan yang akan anda jadikan sebagai bisnis property syariah anda.

Seperti, lingkungan jauh dari unsur haram, bukan berada di daerah terpencil, keamanan yang terjaga, adanya atau dekat dengan tempat ibadah orang muslim. Selanjutnya anda bisa pilih lahan yang akan anda gunakan untuk bisnis property anda.

Kriteria pemilihan lahan ini harus benar-benar anda perhatikan, karena orang di zaman sekarang lebih suka dengan rumah yang berada di tempat-tempat strategis, yang dekat dengan apapun yang bisa mempermudah mereka dalam memenuhi kebutuhannya.

  1. Berjalan sesuai denga prosedur dan perjanjian

Kebanyakan pebisnis yang gagal dikarenakan kurangnya konsisten terhadap apa yang sudah ditentukan di awal pembentukan bisnis. Untuk itu anda sebagai penegmbang bisnis harus membuat dokumen-dokumen terkait dengan berbagai aspek perjanjian mengenai jual-beli rumah.

Dimana didalam perjanjian tersebut memuat unsur-unsur seperti, spesifikasi teknis, lama pengerjaan dan penjadwalan serah terima yang telah ditentukan dan disepakati oleh kedua belah pihak.

Sekali lagi perlu diingat oleh para pengembang bisnis syariah adalah dengan memperhatikan dokumen perjanjian yang jauh dari unsur riba. Dokumen-dokumen ini harus sudah anda persiapkan sebelum soft lounching diadakan.

  1. Memiliki strategi soft louncing perumahan syariah

Setelah keempat cara diatas sudah dilakukan, selanjutnya nada harus mengatur strategi launching sebaik mungkin. Startegi launching ini tentu saja berisi mengenai berbagai promosi yang mengedepankan unsur syariah didalamnya, sehingga bisa lebih menarik perhatian dari para konsumen yang khususnya merupakan orang-orang muslim.

Dalam promosi tersebut anda juga bisa memberikan keterangan mengani penggnaan akad dan juga mencantumkan basis properti syariah yang tanpa riba. Jangan lupa juga untuk mencantumkan alamat serta nomor yang bisa dihubungi untuk mempermudah konsumen mencari bisnis properti syariah anda.

Untuk pemasarannya sendiri, anda bisa mulai dari lingkungan sekitar anda, atau sekitar lahan anda. selain itu anda juga bisa melakukan pengiklanan dengan melalui sosial media atau web, yang lebih canggih dan kekinian.

Itulah beberapa cara bisnis properti syariah, yang bisa anda coba untuk terapkan pada bisnis syariah yang akan anda buat. Salah satu bisnis property syariah yang sudah sesuai dengan ketentuan dan syariat islam mengenai keseluruhannya adalah kami.

Kami siap menjual rumah pada anda dengan berdasarkan pada syariat Islam, sehingga tidak mengandung unsur riba yang akan lebih membuat anda mengalami kerugian. Untuk anda yang tertarik dengan bisnis properti syariah tanpa riba ini bisa langsung hubungi kontak kami yaitu 0812-1205-7302.

Kami akan selalu siap kapanpun membantu anda mengenai Bisnis Properti syariah tanpa riba. Seperti yang sudah dijelaskan juga bahwa bisnis ini tidak mengandung unsur riba, tidak ada denda, tidak ada bunga, tidak ada masalah dalam akad.

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dari Bisnis Properti syariah ini. jadi? Tunggu apalagi? Bingung cari rumah? Segera hubungi kami.